Pilihan Pengobatan Terbaik Untuk Penderita Kanker Paru-Paru

Hasil gambar untuk lung cancer treatment

Berbicara tentang kanker paru-paru, jenis kanker ini menjadi salah satu penyakit yang diam-diam mematikan. Bahkan memiliki tingkat kematian tertinggi menurut data yang dirilis WHO. Kanker paru-paru merupakan kondisi saat sel kanker terbentuk di organ paru-paru. Biasanya kanker ini lebih menyerang orang yang mempunyai kebiasaan merokok. Akan tetapi kanker paru-paru juga dapat terjadi pada penderita yang bukan perokok, terutama mereka yang sering terkena paparan asap rokok atau zat kimia di lingkungannya.

Apakah Kanker paru-paru bisa diobati? Pengobatan yang diberikan bagi penderita kanker paru-paru bisa berbeda satu sama lainnya, hal ini tergantung dari beberapa faktor seperti kondisi tubuh pasien dan stadium. Pilihan pengobatan yang diberikan juga bisa hanya 1 ataupun lebih perawatan, mulai dari operasi, kemoterapi, terapi obat, dan masih banyak lainnya.

Pengobatan Kanker Paru-Paru

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengobatan dan perawatan kanker paru-paru secara medis dapat didasarkan berbagai faktor. Mulai dari kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan, jenis kanker, stadium kanker, serta pilihan pribadi dari pasien. Dan dibawah ini beberapa pengobatan yang umumnya dilakukan untuk penderita kanker paru-paru.

Operasi

Tindakan operasi bisa dilakukan saat kondisi kanker masih berada di satu bagian sisi paru-paru, belum menyebar ke sisi paru-paru lainnya maupun ke organ lainnya. Setidaknya masih berada dalam stadium I dan I. prosedur operasi ini bertujuan mengangkat tumor serta sebagian jasingan sehat yang ada di sekitarnya. Sehingga diharapkan dapat menghambat penyebaran sel-sel kanker di organ paru-paru pasien.

Selain itu, saat pasien menjalani operasi pengangkatan sel kanker pada paru-paru, dokter juga mungkin akan mengangkat kelenjar getah bening yang ada pada dada guna mengecek ada atau tidaknya tanda-tanda kanker.

Namun perlu diingat jika operasi ini memiliki resiko, seperti pendarahan dan infeksi. Maka pasien wajib untuk mengantisipasi jika mengalami sesak napas setelah menjalani operasi. Bukan hanya itu, jika sebagian jaringan paru-paru diangkat, maka jaringan yang masih tersisa di dalam tubuh membutuhkan waktu berkembang dan akhirnya bisa memudahkan untuk bernapas. Karena itu dokter mungkin akan mengajurkan pasien untuk menjalani terapi pernapasan setelah menjalani operasi.

Kemoterapi

Pada kanker stadium lanjut, kemoterapi akan dianjurkan sebagai pilihan pengobatan bagi pasien kanker paru-paru. Umumnya kemoterapi dilakukan beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk dapat membunuh sel-sel kanker dan menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker yang mungkin masih tersisa setelah menjalani operasi. Namun kemoterapi juga bisa dilakukan sebelum tindakan operasi agar membuat sel kanker menyusut sehingga lebih mudah diangkat. Bisa dikatakan pula jika fungsi kemoterapi dapat meredakan gejala kanker yang dirasakan oleh pasien.

Kemoterapi ini menggunakan obat-obatan yang ditujukan untuk membunuh sel kanker. Untuk obat yang diberikan, bisa 1 maupun lebih dan diberikan melalui infus atau oral. Kombinasi obat-obatan ini akan diberikan dalam serangkaian perawatan dalam jangka waktu minggu hingga bulan.

Radioterapi

Radioterapi adalah metode pengobatan kanker paru-paru yang dilakukan setelah operasi, dengan tujuan membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa di dalam tubuh. Selain itu radioterapi juga dilakukan saat kondisi penderita tidak mungkin untuk melakukan operasi saat kanker sudah stadium lanjut. Tujuan dari radioterapi ini adalah meredakan gejala serta menghambat penyebaran sel kanker.

Terapi radiasi ini menggunakan sinar berenergi tinggi yang berasal dari sinar-X dan proton. Radioterapi ini akan diarahkan langsung ke bagian sel kanker dari luar tubuh. Namun radioterapi juga dapat dimasukkan melalui jarum, kateter, biji-biji, dan diletakkan dalam tubuh dekat kanker.

Terapi Obat Target

Terapu tertaget merupakan pengobatan kanker yang menggunakan obat tablet dengan tujuan langsung menyerang protein pertumbuhan sel-sel kanker. Obat yang diberikan biasanya untuk pasien stadium lanjut, saat operasi dan radioterapi tidak mungkin untuk dilakukan menangani kanker. Obat-obatan yang digunakan dalam terapi ini juga digunakan bersama obat kemoterapi. Dalam pilihan terapi tertarget pengobatan kanker paru-paru, jenis-jenis obat yang biasa digunakan antara lain adalah:

  • Afatinib
  • Bevacizumab
  • Crizotinib
  • Ceritinib
  • Erlotinib
  • Nivolumab
  • Ramucirumab
  • Dan lainnya

Imunoterapi

Metode pengobatan kanker ini memanfaatkan sistem imunitas pasie. Pada pasien penderita kanker paru-paru ataupun jenis kanker lainnya, imunoterapi dilakukan dalam berbagai cara yaitu:

  • Merangsang dan meningkatkan sistem imunitas sehingga sel-sel dalam tubuh dapat mengenali serta menghancurkan sel kanker
  • Membuat zat tertentu dan berperan sebagai sistem imun, dan kemudian menggunakannya untuk mengenali serta menghancurkan sel kanker

Untuk mempertimbangkan pilihan pengobatan dan perawatan kanker paru-paru mana yang tepat, pasien bisa berkonsultasi dengan dokter ahli. Pertimbangkan pula mengenai tujuan pengobatan tersebut. Sehingga perawatan dan pengobatan kanker yang dilakukan nantinya bisa sesuai dengan hasil yang ingin dicapai.

Related posts

Leave a Comment