Hati-Hati Perokok Aktif, Ini Cara Terbaik Membersihkan Paru-Paru Yang Menghitam

Hasil gambar untuk clean the lungs

Bagian sebagian besar orang, merokok telah menjadi kebiasaan bahkan gaya hidup sehari hari. Seringkali kebiasaan merokok sulit untuk dihentikan, padahal merokok dapat memberikan banyak kerugian bagi kesehatan. Bahkan menjadi penyebab utama seseorang terkena resiko kanker paru-paru. Karena itulah sangat disarankan bagi perokok aktif untuk mulai menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Bagaimana Sebenarnya Kondisi Paru-Paru Perokok Aktif?

Perlu anda ketahui jika rokok memiliki kandungan hingga lebih dari 7000 zat kimia, dan saat dihirup maka zat tersebut akan bersarang dan menumpuk di dalam organ paru-paru. Seperti nikotin, benzene, arsenic, cadmium, kromium, dan nikel adalah sekian dari zat-zat kimia di dalam rokok yang berbahaya dan dapat merusak organ tubuh terutama paru-paru.

Saat merokok, paru-paru akan banyak mengalami perubahan. Mulai dari yang hanya tingkat sel hingga ke tingkat yang dapat dilihat langsung. paru-paru perokok memiliki warna yang lebih coklat dan hitam dibandingkan dengan paru-paru milik non perokok. Hal ini dikarenakan partikel berbahaya yang msuk dan merusak paru-paru serta respon sistem imunitas tubuh di paru-paru. Dan yang lebih membahayakn lagi, merokok juga memicu sel-sel tidak normal bereaksi yang menyebabkan kanker paru-paru.

Bagaimana Cara Membersihkan Paru-Paru Yang Menghitam

Lalu setelah berhentik merokok, apakah paru-paru perokok dapat bersih kembali? Tentu saja bisa namun tergantung pula kondisi kerusakan paru-paru dan faktor-faktor lainnya. Selain itu, anda juga bisa melakukan cara lainnya yang membantu membersihkan paru-paru yang menghitam secara alami seperti penjelasan dibawah ini.

1.Berhenti Merokok

Ketika ingin membersihkan paru-paru, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah berhenti merokok. Pertama mungkin akan sulit untuk menghentikan kebiasaan ini apalagi jika sudah bertahun-tahun dilakukan, namun jika anda berkomitmen dalam membatasi jumlah rokok bahkan menghindari rokok demi kesehatan tubuh. Ini akan bisa untuk anda lewatkan.

2.Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk mendukung kinerja paru-paru. Sehingga kerja paru-paru bisa maksimal dalam menyalurkan udara ke seluruh bagian di dalam tubuh. Tak perlu melakukan olahraga berat, olahraga ringan seprti jogging, lari pagi atau sore, sit up, dan senam bisa anda lakukan saat waktu luang di rumah. sisihkan setidaknya waktu 15-30 menit setiap harinya untuk berolahraga

3. Latihan Pernapasan

Ada beberapa jenis latihan pernapasan yang dapat dilakukan untuk membantu membersihkan paru-paru yang menghitam serta memaksimalkan kerja paru-paru. Namun lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sehingga anda bisa menentikan latihan pernapasan mana yang tepat dan sesuai kondisi.

4. Mengkonsumsi Ramuan Herbal

Cara alami lainnya untuk membersihkan paru-paru yang menghitam akibat rokok adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal. Salah satunya yaitu jahe, rempah ini mempunyai kandungan sifat anti inflamasi. Selain itu jahe juga mampu meredakan rasa mual, yang menjadi salah satu gejala awal proses pembuangan nikotin dari dalam rubuh. Anda mungkin bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau ditambah dalam secangkir teh untuk dikonsumsi pagi hari. Atau anda bisa membuat teh jahe dengan campuran lemon yang bermanfaat mengeluarkan racun di dalam saluran pernapasan.

Selain jahe, ramuan herbal dari kunyit juga membantu untuk menahan diri dari keinginan merokok. Ramuan kunyit yang ditambahkan jahe bisa membantu mengeuarkan racun dan zat-zat berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Cara ini mampu mengembalikan paru-paru agar kembali sehat namun tentu saja dengan cara bertahap.

5. Meningkatkan Konsumsi Selenium

Memperbanyak makanan dengan kandungan yang kaya selenium seperti telur, ayam, keju, salmon, jamur, dan oat akan merangsang peningkatan vitamin E dan enzim di dalam tubuh. Membuat kerja organ paru-paru bisa lebih maksimal. Selain itu, kandungan selenium juga berfungsi mematikan pertumbuhan sel kanker, yang mana beresiko tinggi menyerang perokok aktif. Namun perlu diperhatikan bagi penderita kolestrol, akan lebih baik untuk mengatur kadar selenium sehari harinya agar menurunkan resiko kadar kolestrol yang dapat meningkat di dalam tubuh.

6. Konsumsi Teh Hijau Di Malam Hari

Teh hijau mengandung zat antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, hal ini karena antioksidan dapat melepaskan racun yang bersarang dalam tubuh termasuk nikotin. Bukan hanya itu saja, teh hijau juga menetralkan kadar kolestrol dengan cara meningkatkan kerja hati serta membersihkan anus. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi teh sebelum tidur di malam hari. Keesokan harinya kadar racun dalam tubuh akan terbuang sedikit demi sedikit keesokan harinya

Related posts

Leave a Comment