Fakta Mengejutkan Tentang Paru-Paru Manusia, Ukuran Kanan Dan Kiri Tidak Sama!

Hasil gambar untuk facts about the lungs

Paru-paru merupakan salah satu organ yang cukup vital dan organ terbesar dalam tubuh manusia.manusia dapat bernapas dan menghirup oksigen dengan baik karena kehadiran paru-paru. Namun bukan hanya sebagai organ pernapasan saja, ada banyak fakta mengejutkan dan menarik tentang paru-paru manusia yang perlu diketahui. Apa sajakah itu?

Ukuran Paru-Paru Tidak Sama Besar

Pada umumnya, manusia mempunyai 2 buah paru-paru, bagian kanan dan kiri. Namunperlu anda ketahui jika kedua bagian paru-paru tersebut tidak sama besar. Paru-paru bagian kiri memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan paru-paru bagian kanan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini dikarenakan paru-paru bagian kiri berbagi tempat bersama organ jantung, sehingga dapat cukup dalam rongga dada. Selain itu paru-paru sebelah kiri mempunyai dua lobus, sedangkan paru-paru bagian kanan mempunyai 3 lobus.

Penempatan paru-paru yang dekat dengan jantung ternyata memiliki fungsi tersendiri, agar bisa bekerja bersama-sama dengan baik dan juga dilingi serta dikelilingi tulang rusuk. Selain itu, ukuran paru-paru juga bervariasi setiap orangnya. Umumnya panjang organ paru-paru mencapai 25-35 cm dengan berat 2.9 pon hingga 1.3 kg.

Satu-Satunya Organ Di Dalam Tubuh Manusia Yang Dapat Mengapung

Fakta unik ini mungkin belum diketahui oleh banyak orang, paru-paru manusia memiliki bobot yang ringan sehingga membuat mereka dapat mengambang di permukaan air. Jadi seberapa banyak udara yang dihirup mampu menahan hingga 1 liter udara di dalamnya. Inilah yang membuat paru-paru menjadi satu-satunya organ di dalam tubuh manusia yang dapat mengapung di air.

Selain itu masing-masing bagian paru-paru manusia memiliki hingga 300-500 juta alveoli di dalamnya. Alveoli merupakan struktur sel yang bentuknya mirip seperti balon. Keberadaan alveoli ini dapat menggantikan limbah karbon dioksida yang berada dalam darah bersama oksigen. Saat alveoli dipenuhi dengan udara, hal ini juga yang menjadi alasan mengapa paru-paru bisa mengapung di dalam air.

Paru-Paru Memiliki Kemampuan Merasakan Rasa

Fakta unik ini ditemukan pada tahun 2010, peneliti menjelaskan jika paru-paru mempunyai kemampuan unik sebagai reseptor rasa yang bisa mendeteksi rasa pahit makanan. Padahal hal seperti ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh indra perasa.

Paru-paru Bayi Saat Lahir Tidak Menggembung

Pada saat kelahiran tiba, janin di dalam rahim belum mempunyai organ sepenuhnya dan sempurna. Seperti misalnya, paru-paru janing yang tidak menggembung. Hal ini dikarenakan cairan yang ada di dalam paru-paru perlahan keluar saat bayi melalui jalur lahirnya. Perubahan suhu serta lingkungan inilah yang membuat organ paru-paru bayi belum berfungsi secara sempurna. Ini dapat ditandai dengan mulai terciptanya nafas pertama yaitu saat 10 detik bayi dilahirkan.

Frekuensi Pernapasan Berbeda-beda

Jika ditanyakan berapa frekuensi bernapas manusia dalam setiap menit? Ternyata jawaban yang diberikan dapat berbeda-beda, hal ini sesuai dengan usia dan aktivitas fisik yang dilakukan orang tersebut. bayi yang baru saja lahir bernapas lebih banyak dibandingkan orang dewasa, yaitu 40 kali per menitnya. Namun frekuensi ini dapat menurun 20-40 kali setiap menitnya saat tidur. Sedangkan orang dewasa memiliki frekuensi bernapas 12-16 kali setiap menit saat kondisi istirahta. Namun frekuseni tersebut bisa meningkat 45 kali per menitnya saat melakukan aktivitas fisik yang berat.

Manusia Dapat Menahan Napas Hingga 20 Menit

Fakta yang satu ini tentu mengejutkan banyak orang. Siapa yang menyangka jika manusia sebenarnya bisa menahan napas hingga 20 menit lamanya. Umumnya, manusia sebenarnya hanya sanggup untuk menahan napas beberapa detik hingga 1 menit. Ini bukan dikarenakan keterbatasan kemampuan organ paru-paru. Namun melainkan karena penumpukan karbon dioksida didalam paru-paru. Penumpukan karbon dioksida inilah yang dapat membatasi kemampuan manusia ketika menahan napas. Kuat atau tidaknya seseorang saat menahan napas di dalam air juga berkaitan dengan teknik tertentu yang digunakan, seperti yang dilakukan para penyelam. Para penyelam biasanya lebih mampu menahan napas di dalam air lebih lama karena mereka menggunakan teknik pernapasan yang berbeda dengan orang lain pada umumnya, ayitu dengan menggunakan teknik hiperventilasi. Karena menggunakan teknik ini, mereka sanggup menyelami perairan hingga selama 20 menit dengan cara menahan napas.

Ukuran Paru-Paru Bisa Seluas Lapangan Tenis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, paru-paru memiliki 2 bagian dan masing-masing bagiannya mempunyai ukuran yang berbeda. organ paru-paru tak hanya menjadi organ terbesar yang ada di dalam tubuh manusia saja. Namun paru-paru yang berisikan alveoli saat direntangkan dapat mempunyai luas yang setara satu sisi lapangan tenis.

Nah itu tadi beberapa fakta menarik mengenai paru-paru manusia. Dari informasi diatas tentunya anda bisa mengetahui berbagai fakta unik paru-paru manusia, bukan hanya sebagai organ pernapasan saja.

Related posts

Leave a Comment