Awas, Kenali Gejala Penyakit Paru-Paru Basah Yang Dapat Menular

Hasil gambar untuk symptoms of pneumonia

Ada banyak penyakit yang dapat menyerang organ paru-paru, namun dari sekian jenis penyakit rasanya paru-paru basah (pneumonia) yang paling berbahaya. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga balita dan anak-anak. Jika tidak ditangani dengan serius, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan dapat menyebabkan kematian. Sayangnya banyak orang yang terlambat dalam menangani paru-paru basah karena gejala penyakit yang mirip seperti flu. Dan yang lebih membahayakan lagi adalah paru-paru basah adalah salah satu penyakit menular yang membahayakan.

Apakah Benar Paru-Paru Basah Dapat Menular?

Penyakit paru-paru basah atau pneumonia disebabkan karena infeksi mikroba, seperti bakteri, virus, ataupun jamur. Karena itulah penyakit paru-paru basah bisa menular ke orang lain. Banyak jenis paru-paru basah menular yang mempunyai nama masing-masing, seperti viral pneumonia, pneumonia bkateri, MRSA (Methichillin-resistant Staphylococcus aureus) pneumonia, Mycoplasma pneumonia, dan lainnya. Namun beberapa jenis pneumonia lainnya tidak memiliki nama yang jelas, seperti “pneumonia berjalan” yang merupakan bentuk lebih ringan Mycoplasma Pneumonia.

Selain itu ada banyak istilah lainnya di dalam penyakit pneumonia, baik dari masyarakat maupun yang didapatkan di rumah sakit. Mereka semua memiliki potensi menular, namun penularannya tak semudah penyakit flu

Bagaimana Paru-Paru Basah Bisa Menular?

Penyakit paru-paru basa dapat menular saat patogen penyebab, baik bakteri atau virus dikeluarkan penderita yang telah terinfeksi melalui batuk atau air ludah. Paparan tersebut mengandung virus atau bakteri penyebab paru-paru basah. Dan hal inilah yang akan menular ke mulut dan masuk ke sistem saluran pernapasan orang lainnya. Sehinggaorang tersebut dapat terinfeksi paru-paru basah.

Sedangkan untuk perkiraan waktu penularan penyakit paru-paru basah bervariasi, tergantung dari jenis agen infeksi. Bisa berkisar 1-2 hari bahkan hingga satu minggu. Selain itu, ada jenis penyakit paru-paru lainnya yang memiliki resiko menular lebih tinggi seperti Mycoplasma dan Mycobacterium yang merupakan penyakit menular berbahaya. Termasuk pula penyakit pneumonia pneumokokus yang membutuhkan kondisi optimal sehingga bisa menyebar ke orang lainnya yang memiliki sistem imunitas lemah.

Kenali Gejala Penyakit Paru-Paru Basah

Banyak penyakit yang menyerang paru-paru, seperti pneumonia yang terkadang tidak menujukkan gejala pada tahap awal. Sehingga banyak penderita yang tidak didiagnosis hingga kondisi penyakit sudah cukup parah. Namun gejala-gejala awal dibawah ini bisa menjadi pertanda jika anda mungkin saja terserang paru-paru basah.

1.Batuk

Banyak orang yang terkadang menyepelekan penyakit batuk, karena dianggap sebagai jenis penyakit musiman dan mudah diatasi. Mungkin saja batuk bisa dikarenakan efek hujan maupun banyak mengkonsumsi gorengan. Namun jika batuk yang anda derita tidak kunjung sembuh meskipun sudah diobati. Mungkin anda patut mewaspadai hal ini. Bisa saja batuk yang anda derita merupakan gejala paru-paru basah. Penderita paru-paru basah banyak menunjukkan gejala batuk kering di tahap awal dan kemudian menjadi batuk berdahak dengan dahak yang berwarna dan kental.

2. Sakit Kepala Ringan

Sama seperti batuk, banyak orang juga yang sering menyepelekan sakit kepala. Namun jika sakit kepala yang dirasa berkepanjangan dan tak kunjung sembuh. Anda perlu curiga, ini bisa jadi tanda-tanda penyakit paru-paru basah. Meskipun penyakit ini menyerang organ paru-paru, namun penyakit ini juga akan mempengaruhi organ vital lainnya. Dan sebagian besar penderita paru-paru basah seirng merasakan sakit kepala ringan. Hal ini dikarenakan suplay oksigen yang menuju otak sedikit terhambat.

3. Cepat Merasa Lelah

Lelah sangat wajar dirasakan jika anda sibuk dengan berbagai aktivitas bahkan hingga menyita waktu tidur anda. Dan jika ini terjadi, maka istirahat adalah hal yang paling mudah dilakukan agar lelah yang dirasakan menghilang. Namun jika lelah yang dirasakan tidak kunjung hilang meskipun sudah cukup beristirahat, lelah seprti ini patut untuk anda pertanyakan. Sebab ini bisa menjadi tanda awal anda terserang gejala paru-paru basah. Lelah disebabkan karena supaly oksigen yang menuju seluruh tubuh tidak lancar yang membuat tubuh jadi cepat lelah dan tidak bertenaga.

4. Muncul Keringat Dingin Pada Telapak Kaki Dan Tangan

Gejala paru-paru basah lainnya yang mudah dikenali adalah munculnya keringat dingin pada bagian telapak kaki dan tangan. Hal ini terjadi dikarenakan suplay oksigen tidak lancar di dalam tubuh. Akibatnya akan muncul keringat dingin ini akibat bentuk “protes” tubuh, sehingga membuat banyak muncul keringat dingin yang diproduksi tubuh.

Nafsu Makan Berkurang

Gejala pneumonia yang seringkali tidak disadari penderitanya adalah nafsu makan menjadi berkurang yang membuat berat badan juga berkurang drastis. Ini dikarenakan infeksi yang menyerang paru-paru, dan biasanya ciri ini sering terjadi saat kondisi penyakit sudah cukup parah. Jika anda menemukan gejala seperti ini, akan lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar tidak memperburuk keadaan.

Nah itu tadi beberapa gejala paru-paru basah yang perlu diwaspadai. Jika anda menemukan gejala-gejala seperti ini menyerang diri anda, maka jangan tunda lagi untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sehingga anda bisa mendapatkan penanganan tepat untuk segera mengatasi penyakit yang diderita.

Related posts

Leave a Comment