Amati Gejala-Gejala Ini, Bisa Jadi Ciri Anda Terkena Kanker Paru-Paru

Hasil gambar untuk lung cancer patient

Bisa dikatakan jika kanker paru-paru merupakan penyakit yang diam-diam cukup mematikan. Jenis kanker ini memiliki angka kematian tertinggi di dunia, mencapai 1.7 juta kasus kematian di tahun 2015 menurut data WHO. Mengapa angka kematian penyakit ini terbilang tinggi? hal ini diakibatkan sulitnya mendiagnosis penyakit kanker paru-paru sejak dini. Sekitar 40% pasien kanker paru-paru, baru mendapatkan diagnosis setelah kondisi penyakit sudah berkembang. Bahkan dari 1/3 diagnosis, kanker paru-paru telah mencapai tingkat stadium 3. Hal ini dikarenakan sulitnya mendeteksi kanker terutama pada saat stadium awal. Karena itulah penting untuk memahami gejala maupun ciri-ciri kanker paru-paru sedari awal sehingga bisa ditangani sejak dini.

Penyebab Utama Kanker Paru-Paru

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gejala kanker paru-paru yang mungkin saja muncul, yang perlu anda pahami pula disini adalah mengenai penyebab utama kanker paru-paru. Penyebab kanker paru-paru sendiri adalah kebiasaan merokok seseorang. Perokok aktif memiliki resiko yang paling tinggi terkena kanker paru-paru. Namun seseorang yang pernah merokok maupun sering terpapar asap rokok (perokok pasif) juga beresiko terserang kanker paru-paru.

Rokok maupun asap rokok memiliki kandungan hingga 60 zat beracun, yang mana zat berbahaya ini memicu perkembangan sel kanker. Pada tahapan awal, zat-zat berbahaya ini tidak berpengaruh pada fungsi organ paru-paru. Namun semakin sering mengkonsumsi rokok, kerusakan pada organ paru-paru juga akan semakin bertambah para. Kerusakan inilah yang menyebabkan sel-sel bereaksi tidak normal dan tidak terkendali yang membuat munculnya sel kanker.

Gejala Kanker Paru Stadium Awal

Tidak mudah mengetahui adanya sel kanker paru-paru di stadium awal, mengingat kebanyakan gejala penyakit ini tidak khas dan mirip dengan penyakit paru-paru lainnya sperti efusi pleura, bronchitis, tuberculosis, pneumonia, dan abses paru. Dan berikut ini gejala awal yang bisa dirasakan penderita kanker paru-paru dan patut untuk diperhatikan.

1.Batuk Yang Tidak Kunjung Sembuh

Batuk merupakan penyakit umum yang sering terjadi, bisa diakibatkan demam maupun tersedak. Namun jika batuk yang dialami tidak kunjung sembuh, bahkan setelah demam hilang maupun diobati maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab lebih lanjut.

2. Terjadi Perubahan Pada Batuk

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, batuk berkepanjangan dan kronis menjadi salah satu ciri dari kanker paru-paru pada stadium awal. Namun jika terdapat perubahan pada batuk yang dirasakan, dari batuk kering hingga menjadi batuk berdahak ataupun batuk berdarah. Maka akan lebih baik untuk segera mengunjungi dokter.

3. Merasa Sesak Napas Setelah Melakukan Aktivitas

Jika anda sering mengalami sesak napas maupun napas berbunyi (mengi), bisa jadi ini salah satu ciri dan gejala kanker paru. Kesulitan bernapas yang dialami ini diakibatkan adanya tumor yang menghambat saluran pernapasan maupun juga disebabkan peningkatan cairan di sekitar paru-paru sehingga menekan paru-paru anda. Seringkali banyak penderita yang menganggap normal masalah ini, sehingga seringkali diabaikan. Namun jika anda merasakan sesak napas bahkan setelah melakukan aktivitas rutin sehari hari yang bahkan sebelumnya anda lalui tanpa kesulitan bernapas, maka segera hubungi dokter.

4. Napas Bersuara

Napas yang tersengal-sengal atau bersuara bukan hanya menjadi gejala penyakit asma atau alergi. Namun kondisi ini juga bisa menjadi pertanda kanker paru-paru. Sehingga jika kondisi pernapasan anda tidak segera membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

5. Suara Mulai Berubah

Suara dapat menjadi serak saat seseorang mengalami demam atau ketika bangun tidur. Namun jika perubahan suara yang anda alami membuat saura jadi lebih serak dan berat,, bahkan kondisinya tidak membaik setelah menjalani 2 minggu perawatan. Bisa jadi ini dikarenakan tumor kanker paru-paru yang berpengaruh pada kota suara.

6. Nyeri Pada Dada

Meskipun tumor kanker paru-paru yang berada pada bagian tengah paru-paru tidak menyebabkan rasa sakit, namun jenis kanker paru-paru tertentu pada bagian luar paru serta dinding dada bisa menyebabkan rasa sakit. Jenis kanker paru-paru ini bisa menyebabkan rasa sakit di bagian dada, punggung, maupun bahu. Apalabila kanker menyebabkan rasa nyeri pada dada dan tidak nyaman, mungkin disebabkan karena kelenjar getah bening apada dinding dada, lapisan sekitar paru, maupun ruusk yang membengkak.

7. Kehilangan Berat Badan Tiba-Tiba

Penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba bukanlah hal yang baik. Dan inilah yang bisa dialami penderita kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan sel kanker menggunakan nutrisi dan energi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan turun drastis dan secara tiba-tiba.

8. Nyeri Pada Tulang

Nyeri pada tulang yang diakibatkan kanker paru-paru seringkali terasa di bagian bahu, punggung lengan, maupun leher meskipun jarang terjadi. Nyeri yang diakibatkan kanker paru-paru seringkali bertambah parah ketika beristirahat maupun saat malam hari. Jangan abaikan rasa sakit yang terjadi pada bagian tubuh, apalagi jika tidak diketahui penyebabnya.

Nah gejala-gejala diatas, bisa jadi salah satu pertanda jika di dalam tubuh anda terdapat sel kanker yang sedang menggerogoti organ paru-paru anda. lebih baik untuk memeriksakan diri lebih lanjut sehingga mengetahui penyebab dari gejala-gejala yang anda rasakan dan bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Related posts

Leave a Comment