7 Buah Baik Untuk Penderita Infeksi Paru-Paru

Hasil gambar untuk fruit for lung infections

Penyakit infeksi paru-paru merupakan salah satu penyakit mematikan dan cukup berbahaya. Bahkan menurut data yang dirilis WHO menyebutkan jika gangguan yang menyerang sistem pernapasan ini sudah mengakibatkan korban sebanyak 3 juta jiwa setiap tahun. Udara yang kotor dan penuh polusi, gaya hidup yang tidak sehat, adalah hal yang bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru. Inilah yang membuat penderitanya sulit bernapas dan menyebabkan munculnya berbagai penyakit pernapasan

Sebenarnya pola makan sehat adalah kunci utama menjaga kesehatan organ paru-paru. Selain itu ditunjang gaya hidup sehat, seperti olaharga rutin juga akan membantu agar kerja paru-paru tetap maksimal. Ada banyak makanan yang baik untuk menunjang kerja paru-paru, dan 6 buah di bawah ini akan sangat baik untuk penderita infeksi paru-paru.

1.Apel

Apel merupakan buah yang kaya antiokidan dan fitokimia, seperti asam klorogenat, katein, dan phloridzin yang sangat berkhasiat mengurangi resiko asma, peradangan, kanker, hingga penyakit kardiovaskular. Dengan mengkonsumsi apel setiap hari, baik untuk sarapan atau camilan akan membantu menjaga kesehatan paru-paru. Menurut studi terbaru, mengkonsumsi apel bisa menurunkan resiko penyakit asma hingga 32%. Bukan hanya itu, senyawa lainnya yang ditemukan dalam apel yaitu khellin dan flavonoid secara efektif mampu membuka saluran udara yang membuat pernapasan jadi lancar.

2. Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin A, C, dan zat antioksidan seperti lycopene yang mampu meningkatkan kesehatan dan kerja paru-paru. Bukan hanya itu saja, kandungan baik di dalamnya juga mengurangi resiko penyakit paru-paru, termausk infeksi paru-paru. Para peneliti menyebutkan jika mengkonsumsi wortel setiap harinya bisa mengurangi hingga 50% resiko terkena kanker paru-paru.

3. Aprikot

Buah lainnya yang sangat direkomendasikan bagi penderita infeksi paru-paru lainnya adalah buah apricot. Berkat kandungan vitamin A yang cukup kaya di dalamnya, yang sangat berkaitan dengan kesehatan paru-paru. Buah ini membantu menurunkan resiko terkena infeksi paru-paru. Dan bukan hanya vitamin saja, buah ini juga memiliki kandungan zat antioksidan, sumber vitamin C dan E, dan beta-karoten yang juga berperan melindungi paru-paru dan kesehatan tubuh. Aprikot juga memiliki kandungan zat anti mikroba, anti inflamasi serta anti kanker. Anda bisa menambahkan buah apricot sebagai camilan sehari hari, atau dicampurkan dalam salad dan smoothies agar lebih enak dikonsumsi.

4. Buah Berry

Buah berry juga menjadi salah satu buah yang bergizi dan sehat. Buah-buahan berry seperti strawberry, cranberry, bluberry, blackberry, dan raspberry adalah buah yang kaya akan kandungan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan paru-paru. Namun diantara semua buah berry, acai berry dan blueberry adalah yang terbaik untuk menjaga kesehatan organ paru-paru. Jandungan flavonoid, asam fenolik, fitokimia, tanin, dan asam askorbat yang membantu mengurangii peradangan, melindungi jantung, meningkatkan sistem imunitas, dan melawan beragam jenis kanker. Bukan hanya dijadikan olahan seperti smoothie saja, anda juga bisa menambahkannya ke dalam oatmeal sebagai sarapan maupun dijadikan camilan biasa. Rutin mengkonsumsi buah berry rutin diklaim dapat mengeluarkan zat karsinogen dari dalam paru-paru, mencegah kanker, serta meringkankan infeksi paru-paru.

5. Buah Delima

Buah delima juga direkomendasikan bagi penderita infeksi paru-paru maupun penyakit paru-paru lainnya. Buah berwarna merah ini mampu melindungi organ paru-paru dari pertumbuhan sel kanker, membuang racun dari dalma paru-paru, dan memaksimalkan aliran darah yang menuju paru-paru. Kandungan flavonoid dan zat antioksidan di dalam buah delima membantu memaksimalkan kerja paru-paru.

6. Grapefruit

Bukan hanya dikenal akan manfaatnya untuk menmabha berat badan secara alami saja, namun grapefruit juga memiliki manfaat kesehatan baik lainnya. Buah yang rendah kalori ini merupakan sumber vitamin B6, vitamin C, magnesium, asam folat, dan tiamin. Grapefruit juga memiliki kandungan naringenin dan biokatif flavone yang mempunyai sifat antioksidan serta anti inflmasi. Dengan mengkonsumsi setidaknya ½ buah grapefruit ketika sarapan mampu mendorong racun keluar dari dalam tubuh serta mengurangi peradangan dalam saluran pernapasan.

7. Alpukat

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Buah sehat ini memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi baik. mulai dari vitamin B6, E, K, asam pantotenat, niacin, riboflavin, serta kandungan asam lemak tak jenuh ganda. Alpukat juga mengandung zat antioksidan dan anti inflamasi yang berfungsi melawan radikal bebas. Bahkan para ilmuwan menemukan fakta jika mengkonsumsi buah alpukat dapat melindungi kesehatan apru-paru serta menurunkan resiko kanker karena kandungan asam folat yang tinggi. bukan hanya alpukat, namun buah jeruk, asparagus, dan buah bit juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Mengkonsumsi 7 buah sehat diatas akan dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru sekaligus meminimalis resiko terkena penyakit paru-paru. Dan yang lebih menyenangkan lagi, buah-buahan diatas akan membantu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit lainnya.

Related posts

Leave a Comment