6 Komplikasi Berbahaya Yang Bisa Dialami Penderita Kanker Paru-Paru

Hasil gambar untuk bleeding cough

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang sering terjadi di Indonesia. penyakit ini ditandai dengan adanya perkembangan dan penyebaran sel-sel abnormal (kanker) yang ganas di organ paru-paru. Menurut data GLOBOCAN, data mengenai kasus kanker paru-paru mencapai 19.4% per 100 ribu penduduk di tahun 2018. Dengan rata-rata angka kematian hingga 10.9% per 100 ribu penduduk. Tak heran jika penyakit kanker paru-paru menjadi penyakit yang cukup berbahaya. Tanpa adanya penanganan yang tepat, kanker paru bisa memicu banyak komplikasi serius yang mengakibatkan kematian. Penting untuk diwaspadai, berikut ini beberapa komplikasi kanker paru-paru yang bisa terjadi.

Efusi Pleura

Efusi pleura atau penumpukan cairan yang ada di sekitar organ paru-paru menjadi komplikasi yang sering terjadi pada penderita kanker paru, hampir sekitar 30% kasus pada kanker paru stadium 4. Komplikasi ini dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri. Selain itu ada beberapa gejala lainnya yang ditunjukkan antara lain:

  • Sering batuk
  • Rasa nyeri pada bahu, dada, dan punggung
  • Muncul suara nyaring setiap kali bernapas
  • Batuk berdahak dan batuk darah
  • Sesak napas
  • Perubahan suara
  • Pneumonia

Adanya sel-sel kanker yang tereltak di dalam cairan pleura sering mengarah pada efusi pleura ganas. Namun tidak semua kondisi ini terjadi pada pasien kanker paru-paru. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaaan CT Scan dada, Rontgen dada, maupun MRI untuk bisa memastikan apa penyebabnya

Neuropati

Kondisi ini merupakan sensasi mati rasa atau seperti kesemutan yang terjadi di bagian kaki dan tangan. Hal ini terjadi akibat kerusakan pada jaringan syaraf dan salah satu komplikasi kanker paru yang patut diwaspadai. Sel kanker yang berada dekat saraf lengan ataupun bahu yang membuat penderita merasa sakit dan lemah di bagian tangan dan kaki. Jika tumor berkembang di dada, maka tumor tersebut akan mempengaruhi syaraf yang terhubungkan langsung ke kotak suara. Menyebabkan terjadinya perubahan suara hingga suara serak.

Superior Vena Cava Syndrome

Kanker paru juga menyebabkan komplikasi yang cukup berbahaya yang dikenal sebaga superior vena cava syndrome. Komplikasi ini diakibatkan tumor yang muncul pada bagian atas paru-paru sehingga menekan vena besar yang bekerja mengembalikan darah yang berasal dari tubuh bagian atas menuju jantung. Tekanan inilah yang menjadi hambatan dalam aliran darah dan memicu berbagai gejala seperti pembengkakan pada lengan, wajah, dan tubuh bagian atas, sesak napas, dan sulit menelan. Untuk pengobatan, biasanya dokter akan menyerankan radioterapi sebagai pengobatan standard an bisa juga dilakukan sebagai pengobatan darurat.

Kompresi Sumsum Tulang Belakang

Komplikasi ini dapat terjadi akibat sel kanker paru yang sudah menyebar hingga ke bagian tulang. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan melemahnya pada bagian struktur tulang hingga mengalami kerusakan tulang belakang. Gejala yang dialami biasanya berawal dari rasa sakit pada bagian punggung bagian bawah atau leher. Dan seiring dengan berjalannya waktu penderita akan merasa semakin nyeri hingga hilangnya sensasi di bagian daerah ekstremitas.

Jika kerusakan terjadi di bagian tulang belakang bawah, ini artinya pasin akan mengalami kondisi cauda equina syndrome. Penyakit ini dapat menurunkan fungsi dari kandung kemih serta saluran pencernaan yang juga disertai dengan rasa sakit yang cukup parah.

Komplikasi jantung

Jika sel kanker berkembanga dekat dengan jantung maupun pembuluh daah besar, maka sel-sel kanker ini akan menyumbat dan menekan pembuluh darah besar yang ada di sekitar jantung. Kondisi inilah yang menyebabkan pembengkakan bagian atas tubuh, mulai dari dada, leher, hingga ke bagian wajah. Beberapa perawatan kanker seperti kemoterapi atau radiasi juga bisa memicu gangguan yang terjadi pada jantung. Dilansir dari Very Well Health, obat-obatan yang digunakan saat kemoterapi juga meningkatkan resiko kelainan katup jantung, penyakit jantung koroner, hingga mengalami gagal jantung.

Penyebaran Kanker Ke Organ Lain

Rasanya ini menjadi komplikasi kanker paru yang cukup serius, karena sel-sel kanker parutelah menyebar ke bagian tubuh lainnya. beberapa sel kanker ini menyebar melalui sistem limfatik maupun melalui aliran darah dan kemudian menuju organ tubuh lainnya. Menurut Cancer Research UK, kemungkinan sel kanker paru dapat menyebar ke organ-organ seperti:

  • Hati
  • Tulang
  • Kelenjar adrenal
  • Kelenjar getah bening, di bagian leher perut ataupun ketiak
  • Otak

Selain komplikasi-komplikasi serius diatas, penderita kanker paru juga dapat mengalami komplikasi lainnya seperti batuk berdarah, gangguan syaraf, rasa nyeri, dan masih banyak lainnya. pendeteksian sejak dini kanker paru akan meminimalisir resiko komplikasi yang dapat terjadi.

Related posts

Leave a Comment