4 Olahraga Yang Bantu Tingkatkan Kerja dan Fungsi Organ Paru-Paru

Hasil gambar untuk good exercise for the lungs"

Tahukah anda, jika rata-rata kita bernapas setiap 12-18 kali per menit. Ini artinya, dalam seharinya saja kita bernapas hingga 17.280 kali. Meskipun terlihat banyak dan mudah, namun proses pernapasan di dalam tubub bukanlah proses yang mudah. Ada banyak organ yang bekerja dan berperan dalam sistem pernapasan. Setiap oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan melalui hidung, tenggorokan, trakea, dan berakhir di paru-paru. Setelah itu oksigen akan dialirkan ke seluruh sel di dalam tubuh melalui pembuluh darah. Inilah yang membuat organ paru-paru cukup vital karena kerja dan fungsiya yang mendasar dalam kehidupan manusia.

Namun perlu diperhatikan jika organ paru-paru memiliki hubungan dengan dunia luar dan tersmabungkan dengan saluran pernapasan. Sehingga bahaya dari luar hingga resiko penyakit bisa saja menyerang dan membuat kesehatan terancam. Karena itulah kerja dan fungsi organ paru-paru harus tetap terjaga kesehatannya agar tidak menyebabkan permasalahan yang dapat menganggu kesehatan. Ada banyak cara agar menjaga kinerja organ paru-paru, salah satunya dengan berolahraga. Dan berikut ini ada 4 olahraga yang bisa membantu meningkatkan kerja dan fungsi organ paru-paru.

1.Renang

Pada dasarnya, setiap olahraga dapat menyehatkan tubuh. Namun khusus untuk renang, olahraga ini bisa membantu organ paru-paru tetap sehat karena melatih kerja paruparu bisa lebih baik saat mengakut serta menggunakan oksigen. Berenang membantu untuk meningkatkan volume darah, sehingga kadar oksigen yang masuk ke paru-paru bisa lebih banyak dan otot juga lebih efisien saat melepaskan karbondioksida.

Saat anda berenang, tubuh akan melakukan latihan pernapasan, mulai dari mengambil, menahan, hingga mengeluarkan napas. Ini akan sangat meningkatkan efektivitas kerja paru-paru sehingga lebih sehat dan optimal. Gerakan tubuh ketika berenang membuat pundak, bahu, dada, dan perut bergerak sehingga memperlancar sirkulasi udara di dalam tubuh. Gerakan ini pula juga dapat mengurangi beban sirkulasi di dalam paru-paru, dan tentunya meringkankan kerja paru-paru. Bukan hanya itu, ketika berenang di posisi horizontal ini sangat membantu mengeluarkan lendir di dalam paru-paru. Sehingga sangat disarankan setidaknya lakukan aktivitas berenang 1-2 jam dalam 3 kali seminggu.

Berjalan Kaki

Olahraga ini menjadi salah satu pilihan terbaik yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama untuk mendukung kinerja paru-paru. Untuk menjaga paru-paru, anda bisa rutin melakukan jalan kaki selama 30-60 menit setiap harinya. Pada saat tubuh rutin berjalan kaki, gerakan ini meningkatkan kapasitas pernapasan serta kualitas hidup. Bukan hanya itu, aktivitas fisik ini juga memberikan energi untuk tubuh dan menguatkan organ paru-paru. Meskipun olahraga ini termasuk ringan, namun manfaat yang didapatkan sangat banyak jika dilakukan rutin.

Yoga

Olahraga ini dirancang khusus membantu tubuh untuk melepaskan racun dari dalam organ dan otot. Dengan melakukan aktivitas yoga pernpasan kurang lebih 15-30 menit setiap hari, sangat membantu tubuh untuk menghilangkan racun dari dalam paru-paru. Bahkan hal ini juga dibuktikan dengan sebuah penelitian dari BKS Iyengar, yang merupakan pelopor terapi yoga. Saat mengamati dampak dari latihan yoga yang dilakukan selama puluhan tahun dan tidak terputus. Ternyata menghasilkan dampak yang sangat memukau untuk kesehatan. Hal ini dilakukan Iyengar ketika berusia 80 tahun. Dimana hasil fisiologis memperlihatkan jika kerja paru-paru, jantung, sistem pencernaan, bahkan elastisitas kulit sama seperti orang yang masih berusia 20 tahun. Jadi Yoga tak hanya akan bermanfaat baik bagi kesehata paru-paru saja, namun juga organ-organ lainnya.

Bersepeda

Bersepeda rutin dan teratur juga sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan paru-paru. Sehingga kinerja organ paru-paru tetap terjaga dan terasa bugar kembali. Saat anda menggayung sepeda, secara otomatis ini akan membuat tubuh menghirup dan mengeluarkan udara secara perlahan. Gerakan ini akan memberikan manfaat dalam meningkatkan kapasitas paru-paru. Bukan hanya itu saja, kegiatan bersepeda juga dapat menguatkan otot-otot dalam sistem pernapasan dan membuat sirkulasi pernapasan di dalam tubuh juga semakin lancar. Anda bisa bersepeda saat pagi setiap harinya sambil menghirup udara segar.

Selain berolahraga, masih banyak cara lainnya yang dapat membantu meningkatkan kerja dan fungsi organ paru-paru. Mulai dari mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk paru-paru seperti wortel, kedelai, teh hijau, dan lainnya, mengkonsumsi air putih yang cukup, serta mengurangi rokok secara perlahan bagi perokok aktif dan bagi perokok pasif sebaiknya hindari asap rokok di lingkungan anda. Lakukan olahraga secara rutin dan anda bisa merasakan manfaat terbaik untuk organ paru-paru anda.

Related posts

Leave a Comment