Kenali Gejala Penyakit Asam Lambung

Mengenal-Lebih-Jauh-Tentang-Silent-Reflux-Gejala-Asam-Lambung-yang-Datang-Diam-Diam.jpg

Penyakit asam lambung atau biasa disebut juga dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada lambung. Hal ini ditandai dengan munculnya rasa terbakar pada bagian dada karena asam lambung yang naik ke kerongkongan. Yuk, simak lebih lanjut mengenai penyebab, gejala dan cara penanganan pada penyakit asam lambung.

Penyebab Asam Lambung

Umumnya penyakit asam lambung terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini terjadi ketika otot bagian bawah kerongkongan melemah sehingga mengakibatkan terbukanya saluran kerongkongan dan asam lambung dapat naik kesana. Selain itu pola hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebab terjadinya penyakit asam lambung. Obesitas menjadi salah satu penyebab penyakit asam lambung.

Penyebab lain yakni seperti merokok, efek samping dari penggunaan obat tertentu, mengonsumsi makanan yang berlemak, pedas dan tertentu. Selain itu mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan berakohol berlebihan, penyakit kelainan bawaan seperti hernia dan gastroschinis. Kondisi medis tertentu seperti gastritis dan esofagitis memiliki andil menjadi penyebab penyakit asam lambung.

Gejala

Kenali gejala penyakit asam lambung sejak dini agar tidak memperparah keadaan. Selain rasa terbakar pada bagian dada atau dikenal dengan heartburn, gejala lain yang dialami oleh penderita asam lambung yakni seringnya bersendawa, lalu mual dan muntah, sesak napas dan seperti gejala maag.

Selain itu penderita akan merasakan keluhan bagian dalam mulut yang terasa asam. Gejala heartburn biasanya akan dirasakan paling tidak 2 kali dalam seminggu. Apabila kamu merasakan gejala yang telah dijabarkan diatas, maka ada baiknya kamu segera pergi ke dokter dan ceritakan semua keluhanmu sedetail mungkin.

1_yarD9Rk7ynzWoZKW5IHEDA.jpeg

(Sumber: Google.com)

Penanganan Asam Lambung

Cara penanganan penyakit asam lambung dapat kamu terapkan dirumah, yaitu salah satunya hindari makanan yang mengandung lemak dan porsi makan yang berlebihan. Makanan yang mengandung lemak, membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh lambung maka dari itu lambung memproduksi banyak asam lambung dan berdampak pada naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu atur porsi makan agar tidak berlebihan dan kunyah dengan perlahan makanan yang dimakan hingga halus agar lambung tidak bekerja dengan cukup keras.

Tentu bukan rahasia umum jika merokok merupakan salah satu pemicu masalah kesehatan. Mulailah mengurangi kebiasaan merokok sebelum penyakit asam lambung kian memburuk. Jangan biasakan tidur atau berbaring setelah makan agar asam lambung tidak mudah naik ke kerongkongan. Tahukah kamu jika jenis pakaian yang dikenakan juga berpengaruh pada kondisi tubuh kita, contohnya tidak menggunakan pakaian ketat terutama pada bagian perut. Karena jika bagian perut mengalami tekanan dapat menyebabkan isi dalam lambung akan naik ke kerongkongan.

shutterstock_413576659.jpg

(Sumber: Google.com)

Istirahat yang cukup dapat menjadi salah satu cara penanganan penyakit asam lambung. Karena kurang tidur, manusia akan lebih mudah marah dan stres dan hal ini dapat memicu refluks asam lambung naik. Sebaiknya atur waktu tidur kamu dengan cukup agar tidak memperparah penyakit asam lambung yang dialami. Beberapa jenis bahan yang dapat dijadikan untuk ramuan obat asam lambung yakni:

Jahe

Kamu bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat yang mudah dikonsumsi. Karena jahe memiliki khasiat dapat mengatasi rasa nyeri pada ulu hati serta masalah pada pencernaan. Bahan ini juga mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau.

Marshmallow

Bukan nama seorang musisi ya. Namun marshmallow yang satu ini untuk pengobatan asam lambung. Tanaman ini memiliki khasiat yang dapat mengobati sakit maag, peradangan pada lambung dan diare.

Sayuran hijau

ramuan yang satu ini tentunya banyak ditemukan di pasar terdekat rumah kita. Sayuran yang dimaksud meliputi brokoli, buncis, kembang kol, dan mentimun. Untuk pengolahan bisa dijadikan sayur berkuah ya, usahakan tidak dicampur dengan makanan yang mengandung lemak.

Atur posisi tidur kamu dengan meninggikan posisi tubuh bagian atas seperti pinggang, semisal dengan menambahkan bantal dibawah pinggang keatas. Selain itu menggunakan ramuan alami hasil olahan sayur dan buah juga dapat menjadi cara penanganan yang tepat, asal ramuan yang dibuat sesuai.

Bila penyakit asam lambung masih bisa teratasi, Dokter akan memberikan resep obat yang dapat menetralisir asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Namun apabila kondisi yang dialami pasien cukup kronis, maka Dokter akan menyarankan untuk mengambil jalur operasi, tentunya biayanya tak sedikit. Oleh karena itu pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mengurangi resiko terkena gangguan penyakit kronis.

Related posts

Leave a Comment