Alasan Alkohol Tidak Baik Untuk Hati (Liver)

A picture containing table, person, food, indoor Description automatically generated

Hati merupakan organ yang ukurannya cukup besar, letak hati ada di rongga perut bagian kanan. Ukuran organ hati pada pria 10,5 cm sedangkan pada wanita 7,5 cm. Dengan berat tidak lebih dari 1,5 kg organ ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Fungsi hati antara lain :

  • Sebagai filter zat-zat yang mengandung toksin di dalam darah
  • Memecah lemak jenuh
  • Menghasilkan protein darah dan membantu pengangkutan oksigen
  • Memberikan kekebalan tubuh
  • Menyimpan nutrisi yang berlebih kemudian mengembalikannya sebagian ke aliran darah
  • Menghasilkan zat empedu yang diperlukan tubuh untuk mencerna makanan.

Fungsi-fungsi hati di atas tidak akan bekerja baik jika lemak di hati menumpuk. Sebenarnya dalam kondisi normal terdapat lemak di dalam organ hati kita, tetapi jika jumlah lemak mencapai 5-10% maka fungsi hati tidak dapat bekerja dengan optimal. Tentu saja hal ini berpengaruh pada kondisi tubuh.

Alkohol Versus Hati

Dari beberapa fungsi penting hati atau liver kita salah satunya adalah memecah lemak, lemak-lemak jahat yang masuk bersama racun yang dapat merusak organ lain akan disaring oleh hati kemudian dibuang melalui urine atau feses. Sedangkan nutrisi yang baik dan berguna untuk tubuh akan dikembalikan ke aliran darah. Hati adalah organ yang dapat meregenerasi selnya, jadi jika sel lama mati ia akan menumbuhkan sel baru.

Perlu kita ketahui, hati kita tentu mampu mentolerir kadar alkohol yang masuk ke dalam tubuh, tetapi perlu diingat jumlah yang masuk tidak berlebihan. Bahkan ada sebuah pendapat pakar bahwa Anggur merah dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), jika diminum tidak berlebihan tentunya. Tetapi hal ini belum dipastikan juga khasiatnya karena kemampuan tubuh tiap manusia berbeda-beda untuk menerima kadar alkohol.

Alkohol adalah musuh terberat hati, apalagi jika seseorang sering minum alkohol dan dalam kurun waktu yang lama. Alkohol yang masuk ke pencernaan akan diserap aliran darah kemudian masuk ke organ hati. Di dalam hati, terjadilah proses penyaringan dan pembersihan. Kandungan alkohol ikut dibersihkan, tetapi jika jumlah yang masuk ke hati terlalu banyak dan menumpuk, maka hati akan bekerja lebih keras dari semestinya. Alkohol sangat berpengaruh pada penurunan kemampuan hati untuk menumbuhkan sel baru. Itulah mengapa alkohol dapat mengakibatkan berbagai penyakit pada hati.

Figure fattyliverremedy.com

Penyakit Pada Hati Akibat Alkohol

Figure yahoo.com

  1. Fatty Liver

Disebut juga perlemakan hati, penyakit ini muncul akibat kerusakan fungsi hati yaitu memecah lemak. Sehingga lemak pada hati tidak dapat terurai dan bertahan di organ hati. Fatty Liver ini tidak ada tanda-tandanya sampai terjadi penyakit kronis pada hati atau liver. Tetapi jangan khawatir, karena lemak pada liver akan hilang dalam kurun waktu kurang dari satu bulan jika kebiasaan minum alkohol dihentikan.

  1. Hepatitis Alkoholik

Ini adalah tahap ke dua akibat perlemakan hati, yaitu di mana hati mengalami peradangan. Tanda-tanda penyakit ini antara lain mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kulit berwarna kuning, nyeri perut pada bagian kanan dan peningkatan sel darah putih.

  1. Sirosis Alkoholik

Pada tahap ini kondisi hati sudah rusak parah, jaringan parut terdapat di organ hati dalam kondisi ini. Ini dikarenakan hati sudah rusak dalam jangka waktu yang lama dan tidak dirawat. Hati sudah tidak mengerjakan seluruh fungsinya, terutama menyaring racun tubuh dan berpengaruh pada kesehatan organ-organ lainnya. Tanda-tanda sirosis antara lain urine berwarna coklat gelap, feses berwarna hitam, perut bagian kanan bengkak, limpa bengkak hingga kehilangan kesadaran.

  1. Kanker Hati

Sirosis pada hati mengakibatkan kondisi hati yang sangat rentan dengan tidak adanya sel yang sehat pada hati. Sirosis adalah faktor utama untuk hepatoma atau kanker hati.

Terlanjur Menjadi Alkoholik? Cek Fungsi Hati Anda

Figure experiencelife.com

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur atau pernah menjadi alkoholik? Tentu saja berhenti minum alkohol sekarang juga adalah sebuah awal baru untuk memulihkan organ hati. Untuk yang pernah menjadi alkoholik dan mengalami tanda-tanda seperti yang tertulis di atas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter akan meminta anda melalui tes-tes yang terkait dengan fungsi hati.

Menjauhi alkohol dan menerapkan pola hidup sehat adalah kunci utama kesehatan hati. Pola hidup sehat termasuk memilih makanan yang menyehatkan organ hati seperti rutin minum air, konsumsi buah-buahan, sayur dan istirahat yang cukup.

Related posts

Leave a Comment