10 Manfaat Susu Soya untuk Kesehatan Bayi

Susu soya atau soy milk lebih dikenal dengan nama susu kedelai, yaitu susu yang terbuat dari protein kedelai. Ada banyak merek susu soya untuk bayi. Semuanya ditujukan untuk balita dengan intoleransi laktosa.

Pengertian Intoleransi Laktosa yaitu ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa, akibat kurangnya enzim laktase. Dampaknya, tubuh tidak mampu mencerna laktosa yang terkandung di dalam air susu ibu (ASI) dan susu sapi formula.

Saat tubuh tidak mampu menyerap laktosa dan mengubahnya menjadi glukosa dan galaktosa, maka tubuh akan mulai mengidap banyak gejala-gejala Intoleransi Laktosa, seperti mual, diare, perut kembung, ruam kulit atau bentol-bentol.

Untuk itulah diperlukan alternatif susu soya sebagai pengganti ASI dan susu formula. Ini dikarenakan susu kedelai bebas dari laktosa sehingga bayi tidak mengalami intoleransi tersebut.

Merek Susu Soya untuk Bayi

manfaat susu soya untuk bayi.jpg

Bicara tentang produk susu soya untuk bayi, tentu saja ada beragam merek dari pabrikan susu bayi yang mengeluarkannya. Seperti beberapa brand di bawah ini, bukankah sudah sudah familiar?

  • SGM Ananda Soya Presinutri: usia bayi 0-6 bulan
  • SGM Ananda Soya Complinutri: usia bayi 6-12 bulan
  • Nutribaby Royal Acti Duobio: usia bayi 0-6 bulan
  • Morinaga Chil Mil Soya: usia bayi 6-12 bulan
  • BMT Soya: usia bayi 0-6 bulan

Jangan bingung saat membeli susu soya untuk anak-anak karena di tiap kemasannya pasti berlabel “soya”, “soy” atau soy milk. Tapi perhatikan baik-baik cakupannya untuk diminum bayi umur berapa saja.

Manfaat Susu Soya untuk Bayi

susu soya untuk bayi.jpg

Ada banyak manfaat susu soya untuk kesehatan bayi. Itulah mengapa meskipun bayi Anda tidak mengidap gangguan penyerapan lactose, tetap bisa kok minum susu ini sebagai pengganti susu sapi. Asalkan anaknya doyan.

Berikut adalah 10 manfaatnya yang perlu diketahui:

1. Menggantikan Fungsi Susu Formula dengan Kandungan Gizi yang Setara

Jangan khawatir meskipun susu ini bukan susu sapi formula, namun bahan bakunya kedelai. Otomatis menjadikannya mengandung protein dan lemak nabati yang baik untuk kesehatan bayi.

Pada usia 0-12 bulan adalah tahapan yang sangat membutuhkan protein dan lemak untuk membantu atom-atom pertumbuhan di tubuh agar bisa membentuk tubuh bayi yang kuat, sehat dan berisi.

2. Mengatasi Gejala Intoleransi Laktosa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa manfaat susu soya untuk bayi ini cocok untuk batita dan balita dengan intoleransi laktosa. Meskipun tidak menyembuhkan, namun mampu mengatasi gejala-gejalanya.

Bila bali sudah tumbuh menjadi kanak-kanak, usahakan untuk tetap memberinya susu soya. Setidaknya hingga sang anak bisa lepas dari kebiasaan minum susu.

3. Meningkatkan Imunitas

Tidak ada cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi selain dari asupan makanan dan minumannya. Sebab bayi belum bisa melakukan latihan peningkatan sistem imun yang lainnya, seperti dengan olahraga misalnya.

Jika bayi masih bisa minum ASI, ini jauh lebih baik. Tapi sayangnya pada bayi dengan intoleransi laktosa juga tidak boleh minum ASI karena air susu ibu mengandung laktosa. Untuk itulah dibutuhkan susu soya sebagai susu sambungnya.

4. Mencegah Obesitas

Obesitas tidak hanya menimpa orang dewasa, anak-anak dan bayi juga rentan mengalaminya. Menginjak umur di 6-12 bulan menjadi periode yang biasanya mulai terjadi peningkatan berat badan signifikan.

Biasanya pemicunya adalah karena terlalu banyak minum susu sapi atau ASI. Namun jika dilepas dari minum susu pun, tentu saja kasihan sang bayi. Maka orang tua seharusnya mulai mempertimbangkan penggunaan susu soya.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor menjadi zat yang penting sekali untuk menguatkan tulang dan gigi. Susu soya untuk bayi juga mengandung kedua zat ini. Untuk itulah sangat baik diminum anak yang sudah berusia lebih dari 12 bulan.

Namun untuk upaya mendukung pertumbuhan gigi susu, minum soy milk juga dianjurkan agar nantinya pertumbuhan gigi susunya jadi lancar. Gigi susu yang tumbuh sehat menjadi awal yang baik bagi pertumbuhan gigi anak ke depannya.

6. Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Ingin punya anak cerdas? Marilah tingkatkan kecerdasan otak anak dengan minum susu soya untuk bayi. Ya, selagi dia masih bayi, kita mesti beri asupan susu kedelai ini.

Lemak nabati dalam kedelai bisa mensuplai energi dengan baik ke otak sehingga anak bayi mudah untuk belajar tentang sistem komunikasi dan bahasa misalnya.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Anak balita seringkali mengalami masalah pencernaan akibat minum susu formula. Biasanya berkaitan dengan susah buang air besar atau justru mencret. Angka kejadian konstipasi atau sembelit lebih sering daripada diare karena susu formula.

Mungkin saja bayi alergi terhadap laktosa sehingga menunjukkan gejala gangguan saluran cerna. Jika demikian, orang tua harus segera mengganti susu sapi formula dengan susu soya saja.

8. Membantu Tumbuh Kembang Anak

Bicara tentang tumbuh kembang anak itu sangat luas kajiannya, namun jika berkaitan dengan agenda minum susu tentu saja ini tentang pertumbuhan fisiknya.

Seringkali kita mendapati anak tumbuh terlalu kurus atau justru terlalu gemuk. Faktor terbesar yang mempengaruhinya adalah susunya. Untuk itulah mesti dicari solusi jitu seperti dengan minum susu soya untuk bayi.

9. Mencegah Alergi Kulit

Banyak anak batita maupun balita yang mengalami alergi kulit. Ditandai dengan kulit kemerahan, bentol-bentol, ruam dan bahkan mudah terluka. Bisa jadi karena alergi protein hewani atau tidak cocok dengan susu formulanya.

Jika demikian, maka sudah seharusnya para bunda mencari alternatif penyembuhan alergi kulit bayi ini dengan mengganti susu formula biasa dengan yang jenis soya.

10. Meningkatkan Nafsu Makan

Terkadang bayi mengalami penurunan nafsu makan. Entah apa penyebabnya tentu saja sulit ditengarai karena bayi belum bisa bicara.

Mungkin saja ia kurang suka minum ASI atau justru merasa tidak cocok dengan susu instannya selama ini. Jika begitu, cobalah beri susu soya, siapa tahu cocok.

Dari sepuluh manfaat susu soya untuk bayi di atas, manakah yang paling tepat untuk diterapkan pada kondisi anak bayi Anda? Jangan ragu minum susu nabati ini, ya! Apalagi bagi bunda dengan anak yang intoleransi laktosa.

Related posts

Leave a Comment